Selasa, 16 September 2014

PERAN IT DIBALIK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DUNIA


Information technology atau biasa disebut IT sudah sangat  familiar di era serba komputer pada saat ini. Perkembangan IT sangat pesat sekali, banyak sekali benda bermanfaat yang kita gunakan saat ini merupakan hasil dari perkembangan IT seperti komputer, laptop, handphone, televisi dan peralatan elektronik lainnya. Semakin berkembangnya jaman tentu saja kebutuhan akses informasi akan semakin meningkat dan disinilah IT berperan aktif sebagai penyedia layanan informasi.

Sebagai contoh dahulu media untuk berkomunikasi yang digunakan hanyalah dengan surat-menyurat menggunakan pos. Coba bayangkan untuk menanyakan kabar ke pacar atau kerabat saja membutuhkan waktu berhari-hari untuk mendapatkan surat balasannya itu jika jaraknya dekat tapi jika jaraknya jauh seperti beda pulau bisa sampai berbulan-bulan. Namun sekarang berkat perkembangan IT kita dapat menikmati sms, email bahkan blackberry messanger , whatsapp , skype maupun media social seperti twitter, facebook sehingga problem tersebut tidak terjadi lagi, sangat memudahkan dan menghemat waktu kan?

Berbicara mengenai perkembangan dari segi komunikasi yang didukung oleh IT, saya teringat sekali sewaktu saya masih duduk di bangku sekolah dasar sekitar akhir tahun 90-an saat itu handphone masih menjadi suatu barang “Wah” dan masih jarang yang menggunakannya. Saat itu layar  handphone masih berupa monochrome. Eh pada tau monochrome gak ? Monochrome merupakan handphone yang memiliki layar hitam putih dan ringtone-nya masih monophonic tapi jangan pandang sebelah mata dulu loh ! Di era-nya handphone monochrome ini sangat keren dan harganya wuiih mahal banget ! Sehingga hanya golongan tertentu saja yang dapat membelinya, makanya dahulu wartel mewabah banget karena masih sangat jarang yang menggunakan handphone *duuh jadi nostalgia masa kecil hehehe ... *. Kemudian setelah itu dikembangkanlah handphone dengan layar yang berwarna dengan ringtone polyphonic dan akhirnya saat ini munculah smartphone atau “handphone pintar” yang kita gunakan saat ini.

Teknologi memang tidak akan ada habisnya dan teknologi pun akan terus berkembang. IT-lah yang berada dibalik perkembangan teknologi dan dapat dilihat saat ini IT merupakan salah satu jurusan favorit yang banyak diambil oleh mahasiswa di Perguruan Tinggi. Dunia IT memang merupakan dunia yang sangat menarik untuk digeluti karena masa depan IT sangat menjanjikan dan pasti di masa yang akan datang akan banyak dibutuhkan sekali tenaga ahli di bidang IT karena perusahaan disektor manapun pasti akan sangat membutuhkan IT untuk mendukung operasional seperti instalasi hardware sebagai penunjang kerja, jaringan internet dan berbagai teknis lainnya, sebagai contoh coba lihat seorang akuntan apakah mereka mengaudit laporan keuangan serta membuat pembukuan dan penjurnalan secara manual? Jawabannya tentu tidak, karena mereka juga menggunakan software untuk membantu pekerjaan mereka tersebut dan software tersebut juga merupakan bagian dari IT kan?

IT memang sangat berperan penting dalam perkembangan teknologi di dunia. Berkat kehadiran IT semua menjadi serba komputerisasi sehingga sangat memudahkan manusia. Jika berbicara mengenai masa depan dari IT , aku pasti akan selalu teringat dengan film-film fiksi. Hayooo kenapaaa ? Karena bukan tidak mungkin dengan perkembangan IT yang sangat pesat semua benda yang bagi kita saat ini masih berupa khayalan bisa saja diwujudkan loh. Sebagai contoh coba lihat film kartun "Doraemon". Benda-benda ajaib yang dimiliki oleh "Doraemon" bisa saja dapat diwujudkan oleh IT di masa depan. Mungkin saja di masa depan manusia dapat dengan mudah berpindah tempat tanpa menggunakan kendaraan melainkan hanya dengan menggunakan portal teleportasi , jika dikaitkan dengan film kartun "Doraemon" portal teleportasi ini seperti alat yang dimiliki Doraemon yaitu “Pintu Kemana Saja”, pasti kalian yang sering menonton "Doraemon" tau kan kegunaan dari “Pintu Kemana Saja” ? Mungkin saja di masa depan jika kita ingin mengetik tidak lagi menggunakan keyboard tetapi hanya dengan berbicara saja saja didepan komputer dan komputer akan bisa membaca dan mengetik apa yang kita ucapkan secara otomatis. Seru banget yah ? kita gak perlu capek-capek ngetik tinggal ngomong aja semua ketikan bisa beres. Mungkin dimasa depan kita bisa dengan mudah melakukan travelling ke planet lain. Namun saya pun tidak akan tau membutuhkan waktu berapa lama untuk mencapai teknologi yang saya utarakan ini. Tapi menurut saya melihat perkembangan IT yang sangat pesat mungkin saja hal tersebut dapat terjadi di masa depan.

1 komentar:

  1. perkembangan teknologi juga sangat berpengaruh bagi pembisnis seperti saya yang di tuntut mau tidak mau harus terjun ke dunia online untuk memperluas pemasaran.

    Grosir Kopiah Surabaya Harga Mulai 250ribu/kodi/

    BalasHapus